Minggu, 01 November 2009

Tanaman Kencur

Kencur merupakan tumbuhan asli dari india. Kencur dapat tumbuh baik didataran rendah maupun dipegunungan yang tidak terlalu tinggi. Umumnya kencur menyukai tanah kering, seperti tegalan dan pekarangan. Tanah tersebut harus cukup remah dan agak terlindung dari penyinaran matahari langsung.
Kencur termasuk suku jahe-jahean(Zingiberaceae) dengan nama botani Kaempferia galaga L. Tanda dan sifat tanaman kencur adalah berjumlah helai daun 2-3 dan letaknya saling berlawanan, merupakan daun tunggal serta berdaging agak tebal. Bentuknya elips dengan bibir ungu. Baunya sangat wangi, tumbuh diantara helai daun teratas, berjumlah 4-12 bunga. Kelopak dan mahkota bunga brejumlah 3. Sel daun mengandung minyak. Rimpangnya mengandung minyak atsiri.
Tanaman kencur memberikan manfaat yang cukup banyak, terutama rimpangnya. Disamping dipergunakan untuk penyedap makanan, kencur banyak digunakan dalam ramuan obat-obatan tradisional yang khasiatnya dapat mengobati berbagai macam penyakit, seperti masuk angin, radang lambung, batuk, perut nyeri, bengkak-bengkak, muntah-muntah, panas dalam, urat tegang, dll. Sehingga banyak pabrik-pabrik pembuat obat tradisional menggunakan tanaman kencur sebagai salah satu bahan untuk pembuatan obat tradisional yang mereka produksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar