Senin, 31 Mei 2010

PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK PEMBUATAN SOAL MULTIPLE CHOICE part 2


B.  PEMBUATAN BLANKO UNTUK SOAL DAN JAWABAN
1.     Klik pada layer action dan klik di frame ke-2 -->tekan dan tahan tombol keyboard Ctrl + Shift secara bersamaan, kemudian klik pada frame ke-32 miliknya layer backround.
2.     Setelah itu tekan tombol keyboard F6 untuk memasukkan Insert Keyframes.
3.     Klik pada layer pertanyaan agar layer ini yang aktif -->klik pada frame ke-2 -->tekan tombol Shift, kemudian klik pada frame ke-32 agar frame 2 s.d 32 terblok hitam -->klik kanan mouse -->pilih pada pilihan Remove Frames.
4.     Klik layer pertanyaan -->klik pada frame ke-2 -->klik kanan mouse -->pilih pada pilihan Insert Blank Keyframe.
5.     Klik layer pertanyaan -->klik pada frame ke-2 -->ubahlah kursor menjadi text tool (T), kemudian lakukan pengaturan pada panel properties sebagai berikut :
a.      Pilih Text Type pada pilihan : Dynamic Text
b.     Pilih jenis huruf, misalkan : Tahoma
c.      Pilih ukuran huruf, misalkan : 16
d.     Pilih warna huruf, misalkan : biru muda
e.      Pilih line type pada pilihan : Multiline
f.      Buat kotak di stage untuk tempat menuliskan soal dngan ukuran 22,5 x 3 cm dan buat juga kotak sekaligus ditulis tulisan “Soal No.”
6.     Masih di layer pertanyaan pada frame ke-2 -->ubahlah kursor menjadi text tool (T), kemudian lakukan pengaturan pada panel properties sebagai berikut :
a.      Warna huruf, misalkan menjadi kuning, lainnya sama seperti langkah 6.a-b-c-e
b.     Buat kotak di stage untuk tempat menuliskan jawaban soal pilihan berganda dengan ukuran 20 x 1,5 cm
c.      Buat kotak di stage yang berukuran 1 x 1 cm untuk tempat menuliskan teks huruf “A”, “B”, “C”, “D”, dan “E”
7.     Masih di layer pertanyaan pada frame ke-2 -->ubah kursor menjadi Selection Tool (V), kemudian :
a.      Klik tekx “A” agar aktif -->tekan tombol keyboard F8 sehingga muncul tampilan Convert to Symbol. Isikan pada bagian Name : tulisan 1A, dan pada Type : pilihlah Button. Setelah selesai klik ok.
b.     Tekan tombol keyboard F9 untuk masuk ke panel actions, sehingga tampilan panel menjadi Actions-Button, kemudian ketikkan script :
On (release){
            gotoAndPlay(3) ;
}
c.      Lakukan hal yang sama seperti langkah 7.a dan 7.b tetapi untuk teks “B”; teks “C”; teks “D”; dan teks “E”. jangan lupa mengganti pada Name : 1B; Name : 1C; Name : 1D; dan Name : 1E.
8.     Masih di layer pertanyaan pada frame ke-2 -->ubah kursor menjadi Selection Tool (V), lalu klik dobel pada tulisan “A” sehingga tampilan berubah dengan cara :
a.      Klik pada bagian “Over” --> klik kanan mouse --> pilih Insert Keyframes --> ubahlah  warnanya, misalkan menjadi merah dengan cara klik pada panel Color
b.     Klik pada bagian “Down” --> klik kanan mouse --> pilih Insert Keyframes --> ubahlah warnanya, misalkan menjadi biru muda dengan cara klik pada panel Color
c.      Klik pada bagian “Hit” --> klik kanan mouse --> pilih Insert Keyframes --> ganti kursor menjadi Rectangles Tool (R) --> buat kotak bujur sangkar berwarna hijau yang menutupi tulisan “A”
d.     Setelah selesai klik tulisan scene 1 untuk kembali ke layar utama
9.     Ulangi langkah 8 untuk opsi jawaban pilihan ganda B sampai E
10.  Menggandakan blangko soal dan jawaban yang telah kita buat pada langkah 4 sampai langkah 9 untuk digandakan di layer pertanyaan pada frame ke-3 sampai frame ke-31. Caranya:
a.      Klik layer pertanyaan --> klik frame ke-2 --> klik kanan mouse --> pilih pada pilihan copy frames
b.     Klik pada frame ke-3 --> klik kanan mouse --> pilih pada pilihan Paste frames
c.      Ulangi langkah 10.b, tetapi untuk frame ke-4 s.d. frame ke-31
d.     Jika benar akan dihasilkan 30 soal, tetapi soalnya semuanya sama
11.  Mengubah script pada opsi pilihan jawaban A-B-C-D-E untuk soal nomor 2 sampai nomor 30 agar pada saat di klik pada jawaban tersebut, maka akan menuju ke soal berikutnya. Caranya sebagai berikut :
a.      Klik pada layer pertanyaan --> pilih frame ke-3 untuk masuk ke soal nomor 2
b.     Klik pada opsi jawaban A sehingga aktif --> tekan tombol keyboard F9 untuk masuk ke panel action à ubahlah script yang ada yaitu dari gotoAndPlay(3) diubah menjadi gotoAndPlay(4) yang diubah angkanya dari angka 3 menjadi angka 4 --> tekan F9 lagi untuk menutupnya.
c.      Ulangi langkah 11.a dan langkah 11.b untuk opsi jawaban B, C, D, dan E (lihat table berikut untuk mempermudah dalam pengeditan script)


Soal Nomor
Nomor frame pada layer pertanyaan
Opsi jawaban
Script sebelum
Script sesudah
1
2
A– B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(3)
2
3
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(4)
3
4
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(5)
4
5
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(6)
5
6
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(7)
6
7
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(8)
7
8
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(9)
8
9
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(10)
9
10
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(11)
10
11
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(12)
11
12
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(13)
12
13
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(14)
13
14
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(15)
14
15
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(16)
15
16
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(17)
16
17
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(18)
17
18
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(19)
18
19
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(20)
19
20
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(21)
20
21
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(22)
21
22
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(23)
22
23
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(24)
23
24
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(25)
24
25
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(26)
25
26
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(27)
26
27
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(28)
27
28
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(29)
28
29
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(30)
29
30
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(31)
30
31
 A – B – C – D - E
gotoAndPlay(3)
gotoAndPlay(32)
Jika pengeditan script benar, maka pada saat kita klik opsi jawaban akan menuju ke soal berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar